Insertio 2017 FK Unej

Insertio merupakan acara penutupan dari serangkaian acara P2MABA (Pembinaan dan Pengembangan Mahasiswa Baru) di FK Unej. Acara ini dilaksanakan untuk memperkenalkan organisasi-organisasi tingkat fakultas maupun eksternal, seperti: BEM, BPM, AIESEC, KPUM, ISMKI dan ukm-ukm yang ada di FK Unej. Selain itu, di Insertio juga mengenalkan “kakak NIM atau kakak asuh” dari mahasiswa baru. Kakak NIM adalah kakak tingkat dengan NIM 3 angka paling belakang yang sama.

Pada tahun ini, insertio diadakan pada Hari Sabtu, 9 September 2017. Insertio kali ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru 2017, badan pengurus BEM dan BPM, perwakilan UKM serta seluruh mahasiswa angkatan 2016 (Ligamen).

Seluruh mahasiswa baru memasuki RK 23 FK Unej setelah melakukan regristrasi terlebih dahulu. Acara insertio dimulai pada pukul 13.00 dengan dipandu oleh 2 orang pembawa acara yakni Devisda Shafiy Anisa dan Alif Taryafi. Kemudian, acara diawali dengan pidato sambutan oleh ketua panitia P2MABA 2017, Firman Herdiana. Setelah itu, sambutan oleh ketua BEM, Rifqi Rahardian, yang sekaligus resmi membuka acara Insertio 2017.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan perkenalan BEM dan BPM. Diawali oleh sebuah video profil BEM FK Unej. Video profil dengan durasi singkat yang berisi tentang BEM dan proker-proker yang telah dilakukan oleh BEM selama kepengurusannya. Kemudian, Ketua BEM memperkenalkan seluruh pengurus-pengurus BEM dan dilanjutkan dengan pengenalan BPM yang dipimpin oleh ketua BPM, Hafid Aji Prasetyo.

Kemudian, acara selanjutnya ialah penampilan dan presentasi dari 7 UKM FK unej, AIESEC dan ISMKI. Masing-masing UKM menampilkan sebuah “pertunjukkan” yang tentunya sangat baik, menarik, dan seru. Penampilan tersebut untuk mengenalkan bagaimana dan apa saja sih organisasi yang ada di Fakultas Kedokteran sendiri maupun dari eksternal. Selain penampilan, Setiap UKM juga mendirikan stand-stand untuk dikunjungi oleh seluruh mahasiswa baru sebagai bentuk promosi dan agar menarik minat mereka untuk ikut berorganisasi. Setiap stand UKM di dekorasi dengan sangat menarik, unik dan menunjukkan ciri khas dari masing-masing UKM.  Di stand, para mahasiswa baru dapat bertanya dan berinteraksi dengan para pengurus UKM seputar UKM tersebut.

Setelah Maghrib, acara dilanjutkan dengan pengenalan kakak NIM angkatan 2016. Mahasiswa baru diperlihatkan ppt berisi biodata singkat dari kakak NIM-nya. Lalu, mahasiswa baru disuruh mencari kakak NIM-nya masing-masing yang berada di depan gedung Keterampilan Medik. Sebelumnya, mahasiswa baru diberi tugas untuk membawa handycraft, kado dan surat untuk diberikan ke kakak NIM-nya sebagai hadiah dan agar lebih mendekatkan adek dan kakak NIM.

Dipuncak acara ada penampilan dari mahasiswa baru angkatan 2017. Mahasiswa baru menampilkan sebuah tarian tradisional yang mewakili beberapa dari daerah asalnya. Lalu, mahasiswa baru juga menampilkan sebuah nyanyian yang disambut meriah oleh seluruh penonton (angkatan 2016 dan panitia). Suasana sangat meriah kala angkatan ligamen dan vagus, nama angkatan 2017, bernyanyi bersama-sama. Penampilan mahasiswa baru ini diakhiri dengan flash mob seluruh mahasiswa. Kemudian, diakhir acara mahasiswa diperlihatkan video dokumentasi selama mereka menjalani PK2 dan P2MABA di FK Unej.

Selaku BEM FK Unej mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru FK Unej angkatan 2017 “Vagus”. Semoga acara Insertio dan serangkaian acara PK2 dan P2MABA yang telah dilaksanakan dapat bermanfaat bagi kalian untuk menjalani kuliah nanti. Tak lupa ucapan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah membuat Insertio 2017 ini sangat menakjubkan, baik, inovatif dan juga untuk perwakilan KPUM, AIESEC, ISMKI, seluruh UKM, dan angkatan Ligamen yang telah hadir dan ikut mengisi serta memeriahkan Insertio 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar